Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Melalui Kedisiplinan: Studi Pada Siswa SD Kasih Anugerah

Andri Budiman

Abstract


Kedisiplinan belajar merupakan salah satu penentu untuk terciptanya proses belajar mengajar yang efektif. Maka sangat penting untuk diperhatikan kedisiplinan belajar siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran Maka dari itu, tujuan penelitian ini tentunya untuk mengetahui seberapa besarnya pengaruh disiplin anak terhadap hasil belajar kelas V di SD Kasih Anugerah Jakarta Barat.  Manfaat dari penelitian ini bagi guru sebagai pendidik atau sebagai orang tua yang juga punya peran penting dalam penerapan disiplin terhadap anak di sekolah atau di rumah untuk mendapatkan hasil yang baik dalam belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuntitatif. Dari penelitian yang telah dilakukan maka ditemukan hasil perhitungan dengan membandingkan statistic t hitung dengan statistik t table: t hitung= 8,767 t table (0,05; 66) 1,997.  Jadi, t hitung > t tabel.  Karena statistik t hitung lebih besar dari statistik t tabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima.  Artinya, ada pengaruh tinggi rendahnya tingkat disiplin anak terhadap tinggi rendahnya tingkat hasil belajar PAK anak. Dari seluruh hasil perhitungan yang ada dapat disimpulkan bahwa besar hubungan antara variabel disiplin anak dengan hasil belajar PAK yang dihitung dengan koefisien korelasi adalah 0,978. Hal ini menunjukkan semakin tinggi disiplin anak akan membuat hasil belajar PAK semakin baik.


Keywords


Disiplin Belajar, Pendidikan, Pendidikan Kristen,

Full Text:

PDF

References


Anjaya, Carolina Etnasari, Yonatan Alex Arifianto, and Andreas Fernando. “Kecerdasan Spiritual Sebagai Dasar Terbentuknya Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Kristen.” REDOMINATE: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 3, no. 1 (2021): 58. https://doi.org/10.59947/redominate.v3i1.20.

Arifianto, Yonatan Alex, and Asih Rachmani Endang Sumiwi. “Peran Roh Kudus Dalam

Menuntun Orang Percaya Kepada Seluruh Kebenaran Berdasarkan Yohanes 16:13.”

DIEGESIS: Jurnal Teologi Kharismatika 3, no. 1 (2020): 1–12. https://doi.org/10.53547/diegesis.v3i1.56.

Anshari Hafi, Pengantar Ilmu Pendidikan, Usaha Nasional, Surabaya, 1983.

Dolet Unaradjan, Manajemen Disiplin, Jakarta: PT. Grasindo, 2013

EB Hurlock, Perkembangan Anak, Erlangga, Jakarta Anggota IKAPI, 1993

GP Harianto, Agama Kristen Dalam Alkitab dan Dunia Pendidikan Masa Kini, Yogyakarta:

Andi, 2012

Homrighausen E.G, Pendidikan Agama Kristen, Jakarta: Gunung Mulia, 2008

Hutahaean Wendy Seppmady, Kepemimpinan Keluarga Kristen, Malang: Ahlimedia Press,

Irmim Soejitno, Abdul Rochim, Membangun Disiplin Diri Melalui Kecerdasan Spiritual dan

Emosional, Batavia Press, Cet. I, 2004.

Imron Ali, Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara, 2011

Liang Gie The, Cara Belajar Yang Efisien, Pusat Kemajuan Studi UMG Press,

Yogjakarta,1975.

Legi Hendrik, Moral Karakter dan Disiplin Dalam Pendidikan Agama Kristen, Bandung:

Edu Publisher, 2022

Musbikin imam, Pendidikan Karakter Displin, Jakarta: PT Gandum Mas Anggota Ikap, 2005

Mulyasa E, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.

Nuban, Imanuel, Reni Triposa, and Yonatan Alex Arifianto. “Deskripsi Pemahaman Siswa Terhadap Kedisiplinan Sebagai Penanaman Nilai-Nilai Kristen.” Angelion: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 2, no. 2 (2021): 221–41.

Prasetyo Bambang, Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi, Jakarta : Rajawali,

Purwoto, Paulus, Hardi Budiyana, and Yonatan Alex Arifianto. “Landasan Teologis

Pendidikan Kristen Dalam Perjanjian Baru Dan Relevansinya Bagi Pendidikan

Kristen Masa Kini.” DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 3, no. 1

(2020): 34–48. https://journal.stipakdh.ac.id/index.php/didaktikos/article/view/38

Sobur Alex, Anak Masa Depan, Bandung, Angkasa, 1991

Suryaningsih, Pengaruh Disiplin Terhadap Peningkatan Prestasi Hasil Belajar Siswa MTsN

Malang I, RS. PI, 2004.

Mulyasa E, Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta: Bumi Aksara, 2013

Sulistyorini, Manajemen Pendidikan, Surabaya: Elkaf, 2014

Siska Yuliantika, Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kedisiplinan Belajar.

Tung Khoe Yao, Menuju Sekolah Impian Masa Kini, Yogyakarta: Andi, 2015

Wijanarko Jarot, Berani Mendisplin Anak, Jakarta: Keluarga Indonesia Bahagia, 2019.

Schaefer hales, Cara Efektif Mendidik dan Mendisiplinkan Anak, Jakarta, Kesaint Blanc,

http://hefamandiri.blogspot.co.id/2015/11/fungsi-kedisiplinan-pada-sekolah.html 15

E-Journal Vol: 9 No. 1 Tahun 2017, Diakses pada tanggal 25 Maret 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 RHEMA: Jurnal Teologi Biblika dan Praktika

Copyright © RHEMA, 2018-2020. All Rights Reserved.